/ Culture /

Sekali Seumur Hidup, Ini 6 Destinasi yang Harus Kamu Kunjungi

Indonesia memiliki destinasi wisata yang banyak sekali jumlahnya. Mayoritas di antaranya bernuansa atau lekat dengan nuansa alam karena Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang terdiri dari gugusan kepulauan.

Hal tersebut juga yang menjadikan Indonesia sebagai ‘gudangnya’ destinasi wisata alam karena bentuknya yang ragam dan keindahannya yang tiada tara.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Indonesia, ini 6 destinasi yang harus kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup.

1. Raja Ampat, Papua

raja-ampat---istockphoto
Photo by iStockphoto

Surga wisata yang terletak di ujung timur Indonesia ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Popularitasnya tidak hanya bergema dalam negeri, tetapi ribuan turis asing berbondong-bondong untuk menikmati alamnya secara langsung.

Destinasi wisata yang memiliki luas paling tidak 40.000 km² ini terdiri dari 1.500-an pulau kecil, lebih dari 1.200 spesies ikan dan biota laut, pantai yang biru dan teramat jernih, serta surga bagi penyelam lokal, turis domestik, maupun turis mancanegara. Sangkin banyaknya pulau kecil yang mengisi lautan biru di sekitarnya, para penyelam di seluruh dunia sering menyebut Raja Ampat sebagai The Mecca of Diving.

Apa saja, sih, yang bisa dinikmati kala berkunjung ke Raja Ampat? Tentu saja banyak! Keindahan yang ditawarkannya bukan main-main. Snorkeling di lautan yang menjadi ‘penengah’ antara Samudera Hindia dan Pasifik menjadi salah satu kegiatan yang tidak akan mengecewakan.

Selain itu, menyelam dan mengeksplorasi keindahan terumbu karang dan biota laut di dalamnya akan menjadi momen yang sangat spesial. Perlu kamu tahu bahwa 75% spesies terumbu karang di seluruh dunia ada di Raja Ampat, lho. Wow!

Berbagai hal menarik lain yang akan kamu temukan di sana, selain keindahan alam dan lautannya serta kegiatan air lainnya adalah melihat jenis kerang yang indah dan langka, merasakan pengalaman homestay yang pastinya jarang ditemukan di tempat lain, menyicipi masakan lokal, mengeksplor pulau-pulau kecil dan beragam pantai setiap saat, hingga menikmati pagelaran budaya sekelas Festival Bahari Raja Ampat yang amat populer hingga ke mancanegara itu.

Oh ya, Festival Bahari Raja Ampat hampir setiap tahun diadakan, dan biasanya diselenggarakan di akhir tahun. Festival Bahari Raja Ampat sendiri merupakan sebuah perayaan karnaval yang menampilkan beragam atraksi budaya masyarakat setempat, mulai dari tarian sampai arak-arakan dari berbagai suku. Perlu diketahui bahwa ada ratusan suku yang berbeda di Papua saja.
Festival-Bahari-Raja-Ampat-2-1
Photo by TravellerRajaAmpat

Merujuk pada kegiatan budaya dari festival serupa tahun lalu, Festival Bahari biasanya diselenggarakan dengan berbagai lomba dan tentunya atraksi budaya oleh masyarakat setempat dan dari kabupaten lain di luar Raja Ampat.

Jadi, selain menikmati keindahan alam kelas dunia, setiap pengunjung juga tak boleh melewatkan festival budaya yang diselenggarakan di Raja Ampat. Berbagai kegiatan budaya demi mengenal keanekaragaman budaya Papua dan Indonesia akan dipertunjukkan, jadi kamu pastinya ‘menang banyak’ saat berkunjung ke Raja Ampat.

2. Puncak Gunung Cartenz, Papua

gunung-cartenz---idntimes
Photo by IDN Times

Pernah dengan Gunung Cartenz? Itu, lho, gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia yang terkenal dengan salju abadinya. Ya, di bumi pertiwi Indonesia, hanya di puncak Gunung Cartenz sajalah yang ada saljunya.

Tak bisa dimungkiri, Gunung Cartenz bisa dikatakan sebagai destinasi impian para pendaki untuk ditaklukkan. Meski Gunung Cartenz sendiri bukanlah gunung yang ramah bagi setiap pendaki, tetapi setiap pecinta alam dan yang gemar mendaki gunung tentu saja ingin menaklukkan puncak tertingginya minimal sekali seumur hidup.

Gunung Cartenz memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang menjadikannya sebagai puncak tertinggi di Indonesia. Menaklukkannya bukanlah perkara gampang dan pastinya membutuhkan persiapan yang benar-benar matang dari segi fisik, mental, serta peralatan.

Bahkan, ada yang bilang bahwa menaklukkan Gunung Carstensz lebih susah daripada Everest. Karena dari tujuh puncak dunia yang dikenal saat ini, hanya Gunung Carstensz yang membutuhkan kemampuan teknik memanjat bila hendak mencapai puncaknya.

Bila mendaki Gunung Cartenz belum cukup untuk kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang Papua dan budayanya, ada festival budaya yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan banyak pengalaman seru saat berkunjung ke Papua.

Jadi selain kegiatan mendaki gunung tertinggi di dunia di sekitar jajaran Pegunungan Jayawijaya, kamu juga bisa live in di pemukiman masyarakat lokal di Pegunungan Bintang untuk mengenal lebih jauh tentang Papua, tradisi dan budaya masyarakat setempat. Selain itu, kamu juga bisa turut serta dalam festival budaya masyarakat Papua. Untuk merasakan tiga hal yang berbeda tersebut, kamu bisa mengikuti acara petualangan diselenggarakan oleh Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri serta Yayasan Indonesia Mengajar bertajuk "Interaksi Masyarakat di Timur Indonesia".

Nah, selain berhasil menaklukkan puncak gunung tertinggi di Indonesia, kamu juga bisa mengenal budaya dan tradisi masyarakat setempat lewat beragam kegiatan budaya yang diselenggarakan, kan?

3. Pulau Komodo, NTT

komodo---pixabay
Photo by Pixabay

Berdasarkan hasil pemilihan di tahun 2011, Pulau Komodo yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Pulau Komodo sendiri merupakan habitat dari ribuan komodo, dan satu-satunya spesies komodo yang masih ada di dunia hanya ada di pulau ini dan pulau sekitarnya.

Pulau Komodo sendiri merupakan satu dari tiga pulau besar yang menjadi bagian Taman Nasional Komodo. Ketenaran Pulau Komodo sebagai sebuah destinasi wisata unggulan bukan hanya di Indonesia saja melainkan untuk level dunia sekalipun.

Di sana, selain bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan ‘naga purba’ yang hanya ada di Indonesia, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah di sekitar Labuan Bajo yang spektakuler. Kamu yang merupakan pecinta budaya Indonesia juga bisa mengikuti Festival Komodo yang diselenggarakan setiap awal tahun dengan beragam kegiatan budaya, pentas seni, hingga tari-tarian khas adat masyarakat NTT di sana.
Festival-Komodo-2
Photo by traveltodayindonesia

Menarik sekali, bukan? Jadi, selama masih hidup, jangan pernah ragu untuk menyambangi komodo dan menikmati langsung keindahan budaya yang ada di sekitar Pulau Komodo.

4. Labuan Bajo, Flores, NTT

Pulau-Padar---Labuan-Bajo---istockphoto
Photo by iStockphoto

Setelah berbicara tentang Pulau Komodo, akan terasa sangat kurang bila kita tidak berbicara tentang Labuan Bajo yang merupakan induknya. Labuan Bajo memiliki banyak sekali destinasi wisata unggulan yang begitu mengagumkan.

Adapun destinasi wisata favorit di Labuan Bajo yang pastinya sangat layak dikunjungi adalah Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Pantai Pink, Kampung Komodo, Pulau Rinca, Gili Lawa, Batu Bolong, Pulau Kelor, hingga Taka Makassar.

Selain destinasi wisata kelas dunia yang luar biasa indah, kamu juga bisa menikmati berbagai kegiatan seni budaya saat berkunjung ke sana. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa mengikuti Festival Komodo yang memang diselenggarakan di Labuan Bajo.

Di festival tersebut, kamu bisa mengikuti atau menonton berbagai lomba, mengikuti kegiatan budaya seperti pentas seni-budaya, tari-tarian, dan berbagai pameran budaya lainnya yang pastinya akan memperlengkap momen selama di sana.

5. T-Rex Island, Nusa Penida, Bali

kelingking-beach---nusa-penida---wira-setiawan-unsplash
Photo by Wira Setiawan / Unsplash

Kalau ke Bali jangan hanya ke pulau utamanya saja. Cobalah kunjungi Pulau Nusa Penida. Di sana, banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu eksplor, dan salah satu yang paling terkenal bagi setiap wisatawan lokal maupun mancanegara adalah T-Rex Island.

T-Rex Island sendiri bisa disaksikan di Kelingking Beach Secret Point. Kamu hanya perlu trekking dan dari atasnya, kamu bisa menyaksikan T-Rex Island dengan bentuknya yang sangat ikonik.

Selain T-Rex Island, kamu juga bisa menikmati pantai yang masih sangat bersih dan jernih di sekitaran Kelingking Beach. Pantainya juga masih cukup sepi dari wisatawan, jadi kamu bisa berpuas-puas menikmati keindahannya dan mengabadikan momen selama di sana.

Nah selain menikmati keindahan alamnya, di Nusa Penida kamu juga bisa menghadiri Festival Nusa Penida untuk mengikuti beragam kegiatan seni budaya, pameran kuliner dari beragam UKM, dan berbagai daya tarik wisata di sekitar Nusa Penida.
Festival-Nusa-Penida
Photo by traviamgz

Menariknya, kamu bisa mengenal lebih dekat budaya masyarakat Bali lewat kegiatan seni budaya beserta pameran-pameran yang akan diselenggarakan. Selain menikmati kegiatan budaya, kamu juga bisa sembari menikmati kuliner khas Bali selama di sana, lho.

6. Taman Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara

bunaken---shutterstock-1
Photo by Shutterstock

Taman Nasional Bunaken yang ada di Sulawesi Utara juga tidak kalah populernya dibanding 5 destinasi wisata yang telah disebutkan sebelumnya. Hal yang paling menarik yang bisa kamu lakukan di kawasan wisata dengan luas 75.265 ha ini tidak hanya melakukan aktivitas menyelam atau diving, melainkan juga menikmati keindahan sembari mengenal lebih jauh biota laut yang ada di dalamnya.

Saking banyak dan beragamnya jenis biota laut yang ada di Bunaken, peneliti biota laut dari seluruh dunia tidak henti-hentinya mengunjungi taman nasional yang satu ini. Selain itu, keindahan flora dan fauna laut di Taman Nasional Bunaken belum tertandingi. Itu sebabnya, kamu harus mengunjungi Bunaken minimal sekali seumur hidup.

Nah bagi kamu yang sudah berencana untuk mengunjungi Taman Nasional Bunaken, upayakan untuk berkunjung saat Festival Pesona Bunaken diselenggarakan. Festival bahari yang satu ini tidak hanya digelar untuk mengajak masyarakat menikmati keindahan alam Bunaken tapi juga mengajak untuk melestarikannya dan mengenal lebih dekat budaya Bunaken.

Disamping lomba olahraga dan acara pelestarian Bunaken, berbagai kegiatan budaya seperti pertunjukan seni dan budaya juga akan digelar sehingga kegiatan wisatamu, meski kamu memutuskan untuk mengunjungi Bunaken sekali seumur hidup, akan tetap lekat dan terkenang dalam ingatan selamanya.

Penutup

Nah, itulah 6 destinasi wisata yang harus kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup. Banggalah dengan kekayaan alam Indonesia karena darinya kita bisa menikmati keindahan alamnya yang tiada duanya. Dari 6 destinasi wisata di atas, destinasi mana saja yang sudah kamu kunjungi dan yang ingin sekali kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup?