/ Tips & Trick /

Cara Menikmati Wisata Museum

Dulunya saya bukan pecinta wisata museum. Selain membosankan, terkadang karya seni yang dipajang di museum lokal kurang atraktif. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa turis lokal di Indonesia tidak antusias untuk berwisata ke museum. Kini berkunjung ke museum menjadi agenda wajib saya ketika bepergian ke satu kota atau negara.

Pada dasarnya wisata museum itu akan melihat karya seni atau potongan cerita sejarah dari satu peristiwa. Sebagai pengunjung yang mungkin baru pertama kali ke museum, ada baiknya memahami tujuan ke museum tersebut untuk melihat apa.

Berikut beberapa tips buat kamu yang ingin berwisata ke museum:

1. Cari informasi tentang museum yang akan dikunjungi

museum-of-pacific-arts-guide2-copy
Photo by Kevin Tran

Ini penting banget ya, harus tahu dulu tujuan ke museum itu mau melihat apa. Hampir semua museum ternama sudah memiliki website dan media social yang dikelola dengan baik. Ini bisa menjadi referensi kamu sebelum mengunjungi museum tersebut. Jika kamu suka sejarah, pastikan kamu mengetahui cerita sejarah apa saja yang museum tersebut tawarkan bagi para pengunjung. Nah, jika informasi detail tidak kamu temukan di website mereka, mungkin opsi lainnya adalah menanyakan langsung ke customer service untuk mendapatkan informasi lengkap. Hal yang tidak kalah penting, ketahui jam operasional museum yang akan kamu kunjungi. Kamu tidak mau dong baru sampai museum udah harus angkat kaki.

2. Datang lebih awal

20140314_095010-copy
Photo by Ivan Baskoro

Tiba lebih awal di museum menjadi keseruan tersendiri. Kamu jadi punya banyak waktu untuk mengeksplorasi museum tanpa harus terganggu dengan pengunjung lainnya.

3. Gabung bersama tour guide

guided-tours-copy
Photo by Museum Kunstpalast

Ini memang terkesan membosankan, apalagi harus gabung dengan pengunjung lainnya. Namun jika dilihat dari efisiensi selama kunjungan, dipandu oleh petugas museum akan membuat wisata museum kamu menarik. Alasannya adalah, selain mereka menjelaskan fakta-fakta tentang museum tersebut, kamu juga berkesempatan menanyakan segala hal yang kamu ingin tahu tentang museum tersebut. Terkadang memang sang pemandu wisata tidak menjelaskan secara keseluruhan dikarenakan waktu yang terbatas, tapi tidak ada salahnya kamu mendengarkan dan mengikuti arahan si pemandu.

4. Abadikan momen

P1080140-copy
Photo by Author

Sekarang ini, museum makin berbenah agar pengunjung tetap tertarik berwisata di dalam museum. Tidak jarang dekorasi dari museum dibuat menarik dan Instagram-able. Hal ini bertujuan untuk para pengunjung bisa mengabadikan momen sambil belajar. Cara lain agar koleksi foto kamu menarik adalah dengan mengabadikan momen lewat jepretan kamera sejak awal masuk museum. Misalnya kamu bisa mengabadikan pajangan di dinding lobby. Kemudian memoret ornamen bangunan di dalam museum. Di akhir kunjungan kamu akan mendapatkan cerita lewat foto yang saling berkaitan. Menarik bukan?

5. Fokus di satu bagian

P1080141-copy
Photo by Author

Walau kebanyakan museum berada di dalam gedung bukan berarti tidak lelah jika harus mengitari se isi museum. Kamu bisa tentukan ketertarikan kamu di bidang apa. Misalnya bagian yang ingin kamu dalami adalah galeri ukiran yang bersejarah, cobalah untuk berfokus di sana. Banyak hal yang bisa kamu lihat dan pelajari. Ini akan membantu kamu memahami sejarah koleksi tertentu di satu museum.

6. Gunakan pakaian yang nyaman

ryan-stefan-471377-unsplash-copy
Photo by Ryan Stefan

Karena wisata museum itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, gunakanlah pakaian yang nyaman. Ini membantu kamu merasa nyaman ketika berada di museum. Ada beberapa museum yang tidak menyediakan lift sehingga menggunakan tangga adalah satu-satunya pilihan. Gunakan juga sepatu yang nyaman agar kaki tidak mudah pegal selama berada di museum.

7. Belilah kenang-kenangan (souvenir)

souvenir-copy
Photo by Chateau de Versailles

Selain ikut membantu melestarikan museum, membeli pernak-pernik yang dijual di museum bisa menjadi kesan tersendiri. Beberapa museum menjual cendera mata khas yang berhubungan dengan museum tersebut. Kamu bisa menjadikannya oleh-oleh atau menjadi koleksi pribadi yang akan mengingatkan kamu akan museum tersebut.

Apakah kamu salah satu pecinta wisata museum? Selamat mengeksplorasi!

Richo Traveling

Richo Traveling

Richo is an Indonesian travel blogger and social media enthusiast. Richo loves traveling and sharing his stories through social media platforms.

Read More