/ Destination /

6 Persiapan Naik Gunung yang Harus Diperhatikan Pemula

Siapa sih yang ga kepengen liat indahnya pemandangan dari atas gunung? Apa aja sih yang harus disiapin?

Baru liat fotonya aja udah ngebayangin gimana rasanya di situ. Nah, ada 3 macam pendaki pemula nih. Yang pertama, karna belum pernah, ga tau risiko apa aja yang akan dihadapin kalau nanti naik gunung jadi terlalu santai, dianggap enteng. Yang kedua, karna belum pernah jadi panik bingung harus nyiapin apa aja takut nanti ada yang ga kebawa. Tenang guys, jadi lah tipe terakhir yang excited tapi melakukan persiapan dengan baik. Berikut 6 hal paling dasar untuk kamu yang pertama kali naik gunung:

1. Cari tau tentang medan pendakian

Untuk kamu pemula, lebih baik mencoba dengan level pendakian yang tidak sulit. Meski begitu, tetap lakukan browsing mengenai lokasi yang akan dituju. Rajin-rajin mencari informasi dari pengalaman orang lain baik di internet maupun ke teman-teman.

2. Bawa barang yang perlu saja

immo-wegmann-544265-unsplash Photo by Immo Wegmann / Unsplash

Yang harus selalu dibawa adalah:

  • Kompas atau GPS
  • Obat-obatan (P3K)
  • Pisau lipat
  • Alat penerang
  • Korek api
  • Makanan dan minuman secukupnya
  • Pakaian yang sesuai
  • Alas kaki yang tepat
  • Handphone
  • Jas hujan
  • Sleeping bag dan tenda

Hindari membawa hal-hal yang tidak penting misalnya seperti perabot masak yang berlebihan atau lainnya ya. Inget, ini camping loh semua bawaan dibawa sendiri, jadi jangan ngerepotin diri sendiri atau orang lain.

3. Jaket sesuai ketinggian

Bawa pakaian hangat berbahan katun atau wol untuk mendaki. Jangan membawa pakaian berbahan jeans karna akan sulit kering kalau basah.

4. Beri tahukan orang rumah tentang jadwal kamu

Mungkin terdengar gimana gitu ya. Tapi memang lebih baik kamu infokan orang yang kamu tinggali lebih dahulu. Jadwal kapan kamu, lokasi, dan siapa saja yang ikut denganmu. Sebagai antisipasi ada apa-apa, keluargamu tau harus menghubungi siapa.

5. Tunjuk pemimpin

Percaya deh, perjalanan dengan seorang pemimpin akan jauh lebih teratur ketimbang yang tidak. tunjuklah pemimpin yang paling berpengalaman dan bijak dalam membuat keputusan.

6. Persiapkan fisik

Ini sangat penting kamu harus siapkan badan kamu dari hari-hari sebelumnya. Kamu butuh asupan dengan karbohidrat dan protein yang cukup untuk mendaki gunung. Juga jangan lupa minum minimal 2 liter cairan (air, jus, susu, minuman olahraga) sehari sebelum pendakian. Hal lain pun harus diperhatikan seperti misalnya jangan makan makanan tidak bersih atau terlalu pedas yang bisa berefek nanti saat kamu mendaki.

Ga ketinggalan, supaya badan kamu lebih kuat ketika mendaki, usahakan olahraga minimal dari sebulan sebelumnya. Jadi ketika mendaki nanti badan kamu lebih fit dan kuat untuk menghadapi medan berat.

Kelihatannya sepele, tapi ternyata ada pengaruhnya kan? Selamat mendaki!

Source: jejakpendaki, hellosehat, kompastravel