/ Tips & Trick /

6 Langkah Cara Minta Tolong Fotoin ke Orang Asing Saat Travelling

Siapa sih yang saat travelling atau jalan-jalan tanpa ada niat foto-foto?

Bahkan dari sebelum berangkat, udah cek kamera, charger, dan segalam macemnya untuk memastikan si kamera bisa support kamu sepanjang trip nih! Nah, ada dong momen di mana kamu bingung siapa yang harus fotoin yaa.. semuanya mau masuk kamera. Goniyu punya tips 6 langkah cara minta tolong fotoin ke orang asing saat travelling:

1. Setting kamera kamu untuk siap foto

warren-wong-217880-unsplash-1
Photo by Warren Wong / Unsplash

Jika kamu menggunakan kamera, mudahkan orang yang kamu maintain tolong dengan kamu aktifkan auto mode. Dengan automode, orang yang kamu maintain tolong tidak perlu melakukan setting lagi terhadap kamera kamu dan kamera kamu akan menghasilkan gambar yang standart. Kecuali dalam keadaan pencahayaan yang sulit dideteksi misal ruang diterangi lilin atau semacamnya, kamu perlu lakukan setting manual agar lebih tepat, barulah minta tolong.

2. Lihat sekeliling untuk mencari orang yang akan dimintain tolong

alexis-brown-85793-unsplash
Photo by Alexis Brown / Unsplash

Eits perlu diingat, jangan sembarangan minta tolong. Hindari orang-orang yang terlihat akan keberatan kalau kamu minta tolong. Lebih baik kamu mencari orang yang seperti ini: Seseorang yang tidak dalam tergesa-gesa.Jangan ya! Jangan memberhentikan orang yang sedang tergesa-gesa karna mereka pasti tidak mau atau akan terpaksa karna terganggu sama kamu. Seseorang yang baru saja foto-foto. Karna orang ini jelas-jelas bisa menggunakan kamera.

3. Buatlah eye contact dan senyum

rawpixel-com-256641-unsplash
Photo by rawpixel.com / Unsplash

Minta tolonglah dengan sopan, tatap dan berikan senyum. Jangan hanya berjalan dan memberikan kamera. Prediksi dan perhatikan respon orang yang kamu dekati untuk dimintain tolong yaa. Jika memang responnya kurang baik, jangan malah sebal. It’s okay, kita cari orang lain hehe tetap senyum ya.

4. Tanya

soren-astrup-jorgensen-210475-unsplash
Photo by Soren Astrup Jogersen / Unsplash

“Permisi, boleh minta tolong fotoin kami?” simpel dan tidak bertele-tele. Tetapi jika kamu sedang travelling gunakanlah bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, “Could you take a photo of us?” atau “Will you please take my picture?”. Atau ya lebih baiknya lagi sih kalau kamu bisa bahasa penduduk setempat.. Atau cara lain misalnya lawan bicara kamu terlihat tidak mengerti bahasa kamu, gunakanlah bahasa isyarat dengan menyodorkan kamera sambil menunjuk diri kamu, jangan lupa naikkan alis sebagai tanda bahwa kamu sedang bertanya.

5. Relax

josh-rose-158801-unsplash
Photo by Josh Rose / Unsplash

Ini lagi minta tolong ya, bukan sewa photographer. Tapi tetap percaya saja dan santai agar tidak merusak foto dan malah minta ulang.

6. Berterima kasih

anthony-ginsbrook-255218-unsplash
Photo by Anthony Ginsbrook / Unsplash

Tunjukkan bahwa kamu merasa terbantu yaa, jadi berterima kasihlah yang baik. Tatap orangnya dan berikan senyuman tanda terima kasih atas waktunya.

Source: Wikihow, EF, Askthephotographer