/ Tips & Trick /

6 Cara Agar Foto Kamu di Pantai Instagramable

Menjadikan pantai untuk tempat liburan memang selalu jadi ide menarik sih ya!

Pemandangan yang bagus, udara yang segar, cari waktu yang tepat agar cuaca mendukung, tinggal ajak teman-teman atau keluarga deh. Hmm baru dibayangin saja sudah sedikit memberi kesegaran yaa. Nah tapi, sadar atau tidak, saat ini tujuan liburan itu sebenarnya ada 2 yaitu, untuk refreshing dan update! Ya kaaan? Siapa yang mau liburan tanpa update atau posting sesuatu di media sosialnya? Bahkan dari rumah nih sudah persiapan kamera, smartphone dengan baterai penuh, tidak ketinggalan powerbank. Belum lagi portable speaker supaya pas update ada backsound lagunya gitu. Wah pokoknya jangan sampai ada satu momen pun terlewatkan untuk di share ya.

Nah karna kebutuhan untuk update itu, biasanya nih traveller membutuhkan effort lebih untuk foto yang layak update. Pasti momen yang tidak didapat setiap hari maunya diabadikan dengan bagus kan? Tanpa basa basi, yuk disimak beberapa cara agar foto kamu instagramable gitu walaupun kamu bukan photographer handal.

1. Perhatikan Timing

sebastien-jermer-27003-unsplash-copy
Photo by Sebastien Jermer / Unsplash

Kalau kamu mau indahnya pantai bisa jelas di kamera, hindari mengambil gambar pada saat top light atau cahaya berlebih. Karna saat matahari sedang sangat terang, mata sendiri saja silau menangkapnya kan? Begitu juga kamera. Warna langit akan terlalu putih dan laut terlihat pucat. Sedangkan waktu yang disarankan adalah sebelum matahari terlalu tinggi yaitu sebelum jam 9 pagi atau sekalian jam 4 sore menuju sunset.

2. Memilih Warna Baju yang Tepat

timothy-paul-smith-254256-unsplash-copy
Photo by Timothy Paul Smith / Unsplash

Warna baju? Yap betul sekali. Kalau kamu mau jadi bagian dari foto, usahakan menggunakan warna baju yang kontras dengan warna langit dan laut, misalnya kuning atau merah. Dan kalau kamu berniat foto ketika sunset atau sunrise hindari memakai baju putih yaa

3. Slow Speed Teknik

james-donovan-191156-unsplash-copy
Photo by James Donovan / Unsplash

Nah belajar tekhniknya sedikit. Untuk hasil foto yang airnya selembut kapas kayak foto-foto di wallpaper komputer gituu, kamu bisa pakai slow speed dengan mengotak-atik pengaturan shutter speed pada kamera kamu. Dijamin dengan hasil foto yang dramatis seperti itu pasti kamu dapat like banyak!

4. Ambil Cerita Lain Selain Kamu

seth-doyle-107950-unsplash-copy
Photo by Seth Doyle / Unsplash

Jangan selalu ingin mengambil foto kamu sendiri. Banyak kehidupan di sekitar pantai yang menarik untuk dipelajari dan kamu ambil gambarnya. Datangi perkampungan nelayan misalnya. Atau mengambil foto hewan-hewan yang hidup di pinggiran pantai.

5. Jika Ada, Gunakan Drone

gaddafi-rusli-399027-unsplash-copy
Photo by Gaddafi Rusli / Unsplash

Yang ini cukup membutuhkan modal sih, tapi kalau ada, harganya terbayarkan oleh hasil yang kamu dapat! Ya, bisa dibilang drone adalah pesawat tanpa awak. Kita bisa kendalikan dengan remote dari bawah. Jadi kita bisa mengambil pemandangan dari atas.

6. Travelling terus!

khachik-simonian-269941-unsplash-copy
Photo by Khachik Simonian / Unsplash

Practice make perfect, right? Makanyaa sering-sering ­travelling melalui Goniyu dan jangan lupa untuk foto-foto, nanti skill-mu akan terasah sendiri.

Happy holiday guys!

Source: Idntimes, Saveseva, Melalui Lensa